Perkembangan Koloniaisme dan Imperialisme Barat di Indonesia

          Kolonialisme (penjajahan) dan imperialisme (sebuah kebijakan) terjadi karena jatuhnya konstentinopel. Apasih konstentinopel itu? konstentinopel itu adalah pusat perdagangan dan karena jatuhnya konstentinopel ini jalur menuju asia di tutup sehingga para penjajah mencari jalan untuk menuju ke Asia. Mereka menuju Asia untuk mencari sumber rempah dan berdagang. Di Asia terdapat 3 negara yang memiliki rempah terbanyak  yaitu India, Indonesia dan Srilangka. Pada awalnya penjajah dari negara Eropa tersebut tidak ingin menjajah negara Indonesia mereka ingin melakukan perdagangan, mencari rempah - rempah dan menyebarkan agama tetapi karena indonesia memiliki sumber daya yang melimpah sehingga membuat mereka ingin menyerakahinya dan memonopolikannya.

PORTUGIS
          Penjajah yang pertama kali datang ke indonesia adalah bangsa portugis yang dipimin oleh Alfonso d'Al'buquerque dengan armadanya berhasil menuju malaka pada tahun 1511 dan pada tahun 1512 juga dapat sampai ke maluku dan juga ternate. Di sana maluku membuat benteng portugis yang bernama Sao Paulo dan awal penjajahan portugis diawali dengan perdagangan. Tujuan dan upayah dari bangsa Portugis adalah Pertama dari tujuan ekonominya adalah untuk mencari sebuah keuntungan yang besar dari pedagangan rempah - rempah tersebut,Kedua tujuan agamanya untuk mengembangkan dan menyebarkan agama Nasrani, dan yang Ketiga adalah tujuan pertualangan yaitu untuk menguasai wilayah perdagangan dan pelayara di asia tenggara. Di Asia Tenggara hanya ada 1 negara yang tidak pernah di jajah yaitu Thailand. Tujuan - tuuan negara portugis ini lebih di kenal dengan sebutan 3G yaitu gold , gospel dan glory. Berikut ini adalah pengertian dari 3G:
1. GOLD itu adala mencari emas dan kekayaan. 
2. GOSPEL itu adalah untuk menyebarkan agama kristen.
3. GLORY itu adalah unutk mendapatkan keharuman nama dan juga kejayaan. 

SPANYOL
          Penjajah yang kedua kali datang ke indonesia adalah bangsa Spanyol. Bangsa Spanyol berhasil menuju ke pulau Tidore. Bangsa Spanyol dan bangsa Portugis melakukan perjanjian yang bernama perjanjian Zaragosa. perjanjian itu menyebabkan spanyol harus mninggalkan maluku dan melanjutkan nya ke Filipi. pengaruh dan kekuasaan kolonialisme spanyol di indonesia yaitu;
1. Christophorus columbus yang melakukan pelayaran ke benua amerika tahun 1492-1502
2. Ferdinand magelhaens yang melakukan pelayaran sampai ujung selatan amerika yang dikenal dengan selat magelhaens dan menyebrang di samudra pasifik mendarat di filipina. 

BELANDA
          Penjajah yang ketiga kali datang ke indonesia adalah bangsa Belanda. Bangsa belanda pertama kali sampai di daerah banten.Pemimpin bangsa belanda pertama kali adalah Cornelis de Houtman pada tahun 1596 .Perjalanan pertama Cornelis de Houtman ke Tanjung harapan lalu melanjutkan perjalanan dan sampai di bante kedatangan nya ditolak oleh rakyat banten karen ia bersikap sombong dan kasar. pemimpin bangsa kedua yang datang adalah Jacob Van Neck pada tahun 1958 kedatangan Jacob Van Neck disambut baik oleh rakyat banten. kemudian bangsa belanda mendirikan suatu lembaga yang disebut VOC (Vereenigde Oost Indische Companie) yang didirikan pada tanggal 20 maret 1602 dengan gubernuer jendral pertamannya Pieter both. VOC mendirikan kantornya di aya karta dengan alasan jayakarta adalah temat yang strategis dan akan menjadi lenih mudah mengawasi gerak gerik bangsa portugis di malaka setelah itu VOC mengganti nama jayakrta menjadi Batavia. 
Tujuan pembentukan VOC yaitu:
1.untuk menghindari persaingan perdagangan antar sesama pedagang belanda
2. memonopoli rempah - rempah di hindia timur 
3. menghadapi persaingan dengan pedagang - pedagang asing 
Aturan dalam memonopoli VOC adalah harga untuk penjualan ditentukan oleh VOC , tempat untuk menanam rempah - rempah ditentukan oleh VOC dan luas wiayah perkebunan pun di batasi oleh VOC.  


Terimakasih telah membaca postingan saya ini mengenai pembelajaran Sejarah Indonesia semoga postingan saya ini dapat membantu God bless all.

Komentar

Unknown mengatakan…
Bahasanya terlalu baku...
abigailulinski mengatakan…
Mango Habanero at Mango Habanero at Olive Garden - Mapyro
‎Mango Habanero at Mango Habanero 공주 출장샵 at Olive Garden - 진주 출장안마 Mapyro · ‎Mango Habanero at Mango Habanero at Olive Garden 용인 출장마사지 - Mapyro · ‎Mango Habanero at Mango 서산 출장안마 Habanero 청주 출장마사지 at Olive Garden - Mapyro

Postingan populer dari blog ini

Teks Prosedur

HOW TO MAKE SMOOTHIES

Cornelis de Houtman