Mempelajari Pokok Pembicaraan

Hai Kawan kali ini di postingan saya pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang "Pokok Pembicaraan" yang telah saya dapatin dari pelajaran Bahasa Indonesia di sekolah saya.Selain mengenai Pokok Pikiran saya juga diajarkan mengenai Keterampilan Berbicara dan Sastra. 

Berawal kita dari SD,SMP,SMA dan sampai ke tempat perkuliahan mempelajari bahasa indonesia kita mendapatkan 4 Keterlampilan dalam Berbahasa yaitu:
1. Berbicara
2. Menyimak
3. Membaca
4. Menulis

Keempat hal tersebut dapat berpengaruh dalam kita yang akan kita pelajari adalah menyimak hal ini adalah bagian terpenting dalam bagian memahami Pokok Pembicaraan yaitu dengan cara menyimak.mungkin ada beberapa dari kalian yang beranggapan menyimak dengan mendengar dan mendengarkan itu sama tetapi sebenarnya hal itu berbeda apakah perbedaannya?

Mendengar
contohnya Pada saat belajar di rumah kino mendengar suara kodok  pada malam hari . mendengar disini dijelaskan bahwa kita tidak harus benar - benar memahaminya boleh iya boleh tidak  tetapi mendengar itu seperti masuk telinga kiri keluar telinga kanan.

Mendengarkan
contohnya Kino mendengarkan penyiaran tentang politik di Telivisi. disini dielaskan bahwa mendengarkan ini dilakukan karena kita ingin memahainya dan mendengarkannya dengan serius.

Menyimak
conothnya Pada saat guru menjelaskan tentang pelajaran di Sekolah hal ini menjelaskan bahwa kita harus sungguh - sungguh memahaminya dan juga membutuhkan konsentrasi tinggi untuk menyimak

Dikarenakan dalam menyimak membutuhkan konsentrasi yang tinggi bisanya ada hal yang mengganggu dalam menyimak yaitu gangguan dari Dalam diri  dan juga dari Luar diri.

Dalam diri contoh gangguan dari dalam diri adalah pemikiran yang membuat kita salah fokus misalkan yang seharusnya menyimak pelajaran tetapi kalo lapar menjadi memikiran makanan yang  ingin dimakan nya dan kalau lagi pengen main game online jadi pengen cepat - cepat sampe rumah untuk main game jadi membuat kita gagal untuk menyimak pembelajaran atau appun yang ingin di simak.

Luar diri coontohnya gangguan karna kurangnya tidur yang harusnya tidur jam 10 malam tetapi karea tidak bisa tdr adi sampai jam 3 malam sehingga disekolah terasa sangat ngantuk sehingga badan menjadi kurang sehat
               
Pokok Pembicaraan guna dari pokok pembacaan adalah agar kita dapat lebih gampang untuk memahami topik atau pembelajaran yang dibicarakan conto pada saat ceramah kita dapat lebih mudah memahami disaat kita mengetahui pokok pembicaraan tersebut. 

Megenai Pokok Pembicaraan ini adalah contoh "seorang guru yang mengajar bahasa indonesia yang bernama pak Dodo yang memiliki rambut keriting ,kulit hitam ,dan berasal dari papua". Pokok Pembicaraan dari kalimat diatas adalah guru yang mengajar bahasa indonesia pak dodo kenapa tidak yang lain karena itu hanya sebuah keterangan bagi pak dodo sendiri.

Setelah itu pembelajaran Bahasa Indonesa in dibagi menjadi 2 pokok pembicaraan yaitu mengenai Bahasa dan Sastra. Pembelajaran yang kita pelajari selanjutnya adalah sastra.Sastra dibagi menjadi 2 pokok embicaraan lagi menjadi cerpen dan drama.dan juga didalamnya dibagi lagi menjadi 2 pokok pembicaran mengenai  unsur-unsur  yaitu :

 Intrinsik                                     Ekstrinsik
-Tema                                           - Latar belakang pengarang
-Latar
-Alur -
-Tokoh
-Penokohan
-Sudut pandang
-Amanat

Sekian dari postingan saya ini mohon maaf bila terjadi kesalahan kata semoga hal ini dapat membantu kalian semua God bless! bila anda ingin mengetahui tentang saya bisa dibuka di link ini http://jennict.blogspot.co.id/2017/07/perkenalan-diri_18.html


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teks Prosedur

HOW TO MAKE SMOOTHIES

Cornelis de Houtman