Pengaruh Ekstrakulikuler Bagi Siswa Siswi Kelas XI SOS 2 SMA Kristen Kanaan

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang 
      Kegiatan Ekstrakulikuler merupakan suatu hal yang biasa dilakukan bagi siswa dan siswi di setiap sekolah. Kegiatan Ekstrakulikuler merupakan suatu kegiatan yang wajib dilakukan bagi siswa dan siswi yang berada di SMA Kristen Kannan. Setiap orang pasti memiliki sebuah talenta dan hobby termasuk seluruh siswa dan siswi yang ada di SMA Kristen Kanaan. Oleh karena itu perlu ada nya ekstrakulikuler. Ekstrakulikuler berfungsi sebagai tempat penyaluran dan tempat perkembangan hobby dan talenta yang dimiliki setiap siswa dan siswi yang ada. Ekstrakulikuler bahkan dapat memunculkan talenta - talenta yang kalian tidak ketahui.

      Topik ini sangat penting untuk dibahas karena setiap siswa dan siswi memiliki talentanya masing - masing.siswa dan siswi memerlukan sarana untuk menyalurkan talenta dan hobby mereka. Bila ada beberapa siswa yang belum mengetahui talenta apa yang dimilikinya seiring berjalannya waktu mereka akan dapat mengetahuinya melalui ekstrakulikuler ini.Berikut ini adalah contoh atau bukti dari seorang siswi SMA 1 negri cilacap yang pada awalnya ingin memasuki ekstrakulikuler kesenian tetapi karena ajakan seniornya untuk memasuki ekstrakulikuler paskibra akhirnya keputusannyapun goyah hingga iya memasuki ekstrakulikuler paskriba hingga mengantarkan dia menjadi paskibra di istana negara 17 agustus. Jika kalian ingin mengetahui lebih lengkap kalian dapat melihat nya di link ini http://diary-paskibraka.liputan6.com/read/2573394/paskibraka-nasional-dari-jateng jadi karena itu pentingnya pembahasan ini seperti siswi tersebut tidak terduga - duga hanya dari ekstrakulikuler bisa menjadi paskibra di istana negara itu merupakan suatu kebanggaan.

      Penelitian pada karya ilmiah kali ini saya menggunakan metode Kuantitatif mengapa saya menggunakan metode ini karena jika kalian melihat dari judul penelitiaan  memiliki kata pengaruh dan yang berarti penelitian ini tidak akan hanya meneliti satu orang saja melainkan ada sampel yang lainnya. Dan dari sample tersebut saya ingin mencari berapa besar presentase dari  berpengaruh atau tidaknya ada kegiatan ekstrakulikuler di sekolah. Oleh karena itu saya menggunakan metode kuantitatif yaitu dalam bentuk angket.

1.2 Rumusan Masalah

  1.  Apakah adanya kegiatan ekstrakulikuler membantu menyalurkan hobby dan talenta siswa dan siswi ?
  2. Mengapa perlu adanya kegiatan ekstrakulikuler di selang kegiatan akademi?
1.3 Tujuan

  1. Untuk mengetahui apakah dengan adanya kegiatan ekstrakulikuler ini menyalurkan hobby dan talenta mereka 
  2. Untuk mengetahui kemampuan siswa dan siswi yang berprestasi di luar akademi seperti di bidang seni dan yang lainnya.
1.4 Manfaat

  1. Agar siswa dan siswi dapat mengetahui talentanya yang tersembunyi dan mengembangkan hobbynya 
  2. Agar siswa dan siswi dapat membuktikan prestasi mereka di bidang lain selain akademi seperti bidang seni , olahraga dan yang lainnya. 

BAB II
KAJIAN PUSTAKA

2.1 Hobi 
      Setiap orang pasti memiliki suatu hal atau kegiatan yang mereka sukai atau yang mereka gemari. Kegiatan atau hal yang mereka gemari tersebut biasnaya dapat membuat mereka merasa lebih relax atau tenang lepas dari kegiatan biasanya. Hal tersebut disebut dengan hobby. 

      Menurut Wikipedia Hobby adalah Kegiatan rekreasi yang dilakukan di waktu luang untuk menenangkan pikiran seseorang

      Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Hobby adalah Kegemaran ,Kesenangan istimewa pada waktu senggang , bukan pekerjaan utama. 

      Jadi dapat di simpulakan dari kedua pendapat diatas bahwa hobby adalah  Kegiatan yang kita gemari sehingga menjadi rekreasi bagi kita yang dilakukan saat waktu senggang untuk menenangkan pikiran kita. 

2.2 Talenta/Bakat 
      Setiap orang pasti di karunia sebuah talenta dari Tuhan. Sebuah anugrah yang diberikan secara langsung oleh Tuhan. Semua manusia memiliki Bakat atau kemampuan  yang berbeda - beda dan unik. 

      Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Talenta adalah pembawaaan seseorang sejak lahir , bakat yang Allah telah menganugerahkan. 

      Menurut Alex Sobur Talenta adalah Kemampuan Alamiah untuk mendapatkan pengetahuan atau keterampilan yang relatif dapat bersifat umum atau khusus. 

      Jadi menurut kedua pendapat tersebut dapat kita simpulkan kalau bakat atau Talenta adalah Kemampuan seseorang yang dibawa sejak lahir yang di berikan Allah untuk mendapat keterampilan yang sifatnya khusus atau umum. 

2.3 Ekstrakulikuler 
      Setiap sekolah memilki kegiatan di luar jam pelajaran berlangsung biasanya ekstrakulikuler dilakukan setelah selesai pelajaran di ruangan kelas. Pada kegiatan ekstrakulikuler biasanya adalah kegiatan seni atau dalam bidang olahraga. Biasanya kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan talenta atau bakat dan hobby siswa.

      Menurut Wikipedia Ekstrakulikuler adalah Kegiatan non pelajaran formal yang dilakukan peserta didik sekolah atau universitas , umumnya di luar jam belajar kurikulum standar. 

      Menurut Subagiyo (2003 :23) Ekstrakulikuler adalah Kegiatan yang dilakukan di luar jam pelajaran baik dilaksanakan di sekolah maupun di luar sekolah untuk lebih memperkaya dan memperluas wawasan pengetahuan dan kemampuan yang telah dimiliki siswa dari berbagai bidang studi.

      Jadi kesimpulan dari dua pendapat tersebut Ekstrakulikuler adalah Kegiatan yang dilakukan di luar jam pelajaran untuk memperluas kemampuan dan wawasan pengetahuan siswa. 

2.4 Remaja
      Kita dilahirkan memiliki beberapa tahapan dalam pertumbuhan. Tahapan -tahapan tersebut adalah bayi,batita,balita,anak-anak,remaja dan dewasa. Biasanya pada masa remaja kita memiliki banyak sekali perkembangan , pengalaman dan pengetahuan untuk menghadapi masa dewasa kita. Kemungkinan dari beberapa tahap tersebut masa remaja merupakan masa yg paling mengasikan. 

      Menurut Hurlock,Elizabeth B 1999 :206 Remaja adalah masa peralihan anak - anak menuju dewasa yang mencakup kematangan mental , emosional , sosial dan fisik. 

      Menurut Wikipedia Remaja adalah waktu manusia berumur belasan tahun. 

      Jadi menurut dua pendapat di atas Remaja adalah masa peralihan anak - anak yang berumur belasan tahun menuju dewasa.

BAB III
METODE PENELITIAN 

3.1 Jenis Penelitian 
      Dalam penelitian ini akan menggunakan Jenis Penelitian Kuantitatif. Jenis Penelitian Kuantitatif adalah Jenis penelitian yang memiliki hasil akhirnya dalam bentuk angka seperti diagram atau dalam bentuk persenan (%).Dalam penelitian ini pengambilan data akan dalam bentuk angket. 

3.2 Metode Penelitian
      Pada Penelitian ini metode yang digunakan adalah metode survei. Metode survei adalah metode dengan pengumpulan data primer dengan memberikan pertanyaan kepada responden individu. 

3.3 Teknik Pengumpulan data 
     Pada penelitian kali ini saya akan mengumpulkan data dalam bentuk angket. Angket terdiri dari 4 jenis yaitu Angket terbuka , Angket seni terbuka , Angket kombinasi dan Angket Tertutup. Penelitian ini akan menggunakan Angket Tertutup. Angket tertutup adalah Angket yang disajikan dalam bentuk sedemikian rupa sehingga responden diminta untuk memilih satu yang sesuai dengan karakteristik dirinya dengan memberi tanda silang atau checklist (wikiepedia).

3.2 Populasi dan Sample 
      Populasi untuk penelitian ini adalah Siswa dan Siswi kelas XI yang berada di SMA Kristen Kanaan Jakarta. sedangkan samplenya adalah siswa dan siswi kelas XI IPS 2 ( 7 orang ).

berikut adalah angketnya 

NO
PERTANYAAN
YA
TIDAK
1.
Kegiatan ekstrakulikuler wajib dadakan disetiap sekolah


2.
Kegiatan ekstrakulikuler menyalurkan hobby serta talenta yang dimiliki


3.
Kegiatan ekstrakulikuler mengganggu dalam kegiatan akademi


4.
Kegiatan ekstrakulikuler memberi dampak positive bagi kalian.


5.
Kegiatan ekstrakulikuler memberikan dampak negative bagi kalian


6.
Kegiatan ekstrakulikuler membantu kalian menemukan talenta kalian


7.
Kegiatan ekstrakulikuler dapat membuat kalian berprestasi



Komentar

Postingan populer dari blog ini

HOW TO MAKE SMOOTHIES

Ayahku adalah panutanku

Cornelis de Houtman